4 Masalah yang Sering Terjadi pada AC Rumah

Sama seperti kendaraan, AC juga membutuhkan service dan perlu dibersihkan serta dirawat. Idealnya service ac dilakukan minimal 3 bulan sekali secara rutin. Jika tidak dirawat dengan baik tentu umur ac tidak akan panjang atau tidak bertahan lama. Jangan heran jika baru setahun AC Anda akan mengalami kerusakan atau bahkan Anda harus menggantinya dengan yang baru. Masalah dengan AC yang sering Anda hadapi bisa saja salah satunya disebabkan karena Anda tidak merawat ac dengan baik. 

Memang tak dipungkiri jika pendingin ruangan alias AC kini menjadi kebutuhan yang penting untuk rumah tangga khususnya bagi kelompok kelas menengah. Tidak hanya di pasang di kamar tidur, namun AC dipasang juga di ruangan lain seperti ruang keluarga dan ruang tamu, bahkan beberapa orang menggunakan pendingin ruangan pada dapur. Pemanasan global yang membuat suhu udara meningkat menjadi alasan masyarakat menengah membutuhkan AC.

Hal ini membuat Anda memakai AC secara terus-menerus. Pemakaian AC yang terus-menerus serta perawatan yang tidak baik bisa menjadi penyebab AC Anda mengalami gangguan atau masalah. Masalah yang timbul pada AC rumah Anda dapat terjadi akibat beberapa faktor. Berikut 4 masalah yang sering dialami seputar pendingin ruangan yang ada di rumah. 

AC Tidak Dingin 
Ada berbagai macam faktor yang menyebabkan AC rumah tidak dingin, salah satunya bisa jadi karena filter atau saringan AC yang kotor. Filter yang kotor dapat membatasi aliran udara ke unit AC sehingga menurunkan kemampuan pendingin udara. Jika filter atau saringan pada AC Anda kotor, maka udara yang keluar dari pendingin ruangan tersebut akan ikut menjadi kotor, sehingga tidak heran apabila kualitas udara didalam ruangan juga akan ikut menurun. Solusinya tentu Anda harus menggunakan jasa cuci AC untuk membersihkan debu serta kotoran yang menempel pada filter AC. Dengan begitu udara yang dihasilkan akan maksimal dan menghasilkan udara yang sehat.  

AC Bocor
Salah satu indikator jika pendingin ruangan mengalami kebocoran yaitu adanya air yang menetes apabila pendingin ruangan dihidupkan. AC bocor pada umumnya disebabkan karena saluran pembuangan pada AC terhambat atau mampet. Hal ini membuat aliran airnya tidak bisa mengalir dengan lancar. Ketika saluran pembuangan ini terhambat, air meluap pada bak penampuangan dan airpun menetes ke luar. Selain saluran pembuangan yang terhambat, kebocoran pada AC juga dapat disebabkan oleh pompa drain yang tidak berfungsi dengan baik. Untuk mengatasi hal ini Anda perlu menghubungi jasa service ac yang lebih mengerti dalam menangani AC yang bocor. 

AC Berderit
Pendingin ruangan dalam keadaan yang baik seharusnya tidak mengeluarkan suara berisik saat dinyalakan. Jika AC Anda mengeluarkan suara yang berisik, bisa jadi AC Anda bermasalah. Suara berisik yang dihasilkan oleh AC Anda dapat disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya bisa saja sekrup atau baut yang terpasang tidak kencang. Untuk mengatasi hal ini Anda perlu mengecek AC Anda secara keseluruhan, apakah terdapat baut atau sekrup yang kendur atau malah ada masalah lain dibalik berisiknya pendingin ruangan Anda. Selain itu penyebab AC yang berisik juga bisa ditimbulkan karena daun kipasnya. Daun kipas yang kotor menyebabkan putaran pada daun kipas tidak seimbang sehingga menimbulkan getaran dan menyebabkan berisik. Untuk itu rutinlah merawat kebersihan AC Anda. 

AC Berbau 
Jika muncul bau ketika AC baru dihidupkan bisa dipastikan AC Anda kotor dan kurang terawat kebersihannya. Bau pada AC Anda bisa diakibatkan oleh sumber bau yang berasal dari makanan atau minuman yang terbawa oleh udara kemudian menempel pada evaporator. Selain itu, AC berbau tidak sedap dapat juga disebabkan oleh bangkai yang menyangkut pada mesin. Biasanya bau bangkai diakibatkan olek cicak atau tikus yang tersangkut pada mesin, sehingga mati dan menjadi bangkai. Solusinya adalah lakukan perawatan dan pembersihan secara rutin minimal 3 bulan sekali. Kebersihan AC merupakan hal penting yang tidak boleh dilupakan oleh setiap penggunanya. 

Share on Google Plus

About Syarifah Aqila An-Najah

0 komentar:

Posting Komentar