Belanja Online di Bukalapak dan Mengenal Berbagai Tipe Konsumennya


Bisnis online atau belanja online sekarang memang sudah tidak asing untuk masyarakat, apalagi masyarakat yang tinggal di perkotaan. Hal ini disebabkan karena keuntungan yang diberikan. Tetapi, apakah Anda mengetahui sebenarnya ada begitu banyak tipe konsumen belanja online ini. contohnya saja seperti marketplace Bukalapak yang kerap melakukan promo belanja online. Orang yang melakukan belanja online di Bukalapak memiliki tipe yang berbeda. lantas, apa saja tipe tersebut?

Pertama, innovator. Konsumen yang berada di tipe ini merupakan orang yang mempunyai pendapatan tinggi. mereka gemar menggunakan aplikasi untuk melakukan kegiatan seperti berbelanja, mereka juga mempunyai banyak perangkat. 64% konsumen yang memiliki tipe ini akan senang bisa memperoleh notifikasi dari marketplace. Di tope ini, mereka gemar melakukan transaksi pembayaran dengan menggunakan internet banking. Meskipun konsumen di tipe ini mempunyai pendapatan yang relatif tinggi, namun konsumen di tipe ini juga menyukai barang-barang dengan harga murah, asalkan kualitas barang bisa dipertanggungjawabkan.

Kedua, early adopters. Untuk tipe ini konsumen mempunyai pendapatan lebih rendah, namun mereka mempunyai banyak perangkat untuk memuaskan hasrat belanja online. konsumen yang memiliki tipe early adopters ini lebih gemar mencari informasi secara online dengan menggunakan mesin telusur, atau tidak menggunakan web toko secara langsung. Ketika mereka belanja online di Bukalapak, mereka akan membayar dengan menggunakan cara transfer di ATM atau menggunakan internet banking karena konsumen early adopters mempunyai pendapatan yang lebih rendah, tidak heran jika banyak konsumen ini memiliki barang dengan harga yang rendah, bahkan banyak konsumen dengan tipe early adopters menyukai diskon yang diberi.

Ketiga, gap-tech. Konsumen gap-tech mempunyai pendapatan yang tinggi, namun mereka hanya gemar berbelanja menggunakan satu perangkat saja. Konsumen gap-tech sangat menyukai bila memperoleh informasi tentang produk atau merek dari notifikasi. Konsumen dengan tipe gap-tech pada dasarnya masih sedikit tertinggal di dalam hal pembayaran karena mereka menyukai menggunakan pembayaran melalui ATM seperti transfer ATM, sebanyak 60% konsumen dengan tipe ini menyukai diskon dan melihat barang secara langsung kemudian memaksakannya. 

Terakhir, late bloomers. Konsumen dengan tipe late bloomers dapat dikatakan merupakan konsumen baru di dunia jual beli secara online. konsumen dengan tipe late bloomers merupakan konsumen yang memiliki pendapatan rendah serta mempunyai satu perangkat. Namun walaupun demikian, konsumen dengan tipe ini merupakan konsumen yang aktif. Mereka sering berbelanja menggunakan mobile sites serta aplikasi belanja yang ada. Tipe konsumen late bloomers lebih mementingkan diskon dibanding dengan kualitas barang, selain itu mereka gemar melakukan COD untuk cara pembayaran.

Sebenarnya, apa keuntungan yang akan kita dapatkan jika belanja online di Bukalapak.com?. Berikut keuntungan yang akan di dapatkan, antara lain:

Harga yang lebih baik serta diskon yang cenderung lebih besar. Banyak pebisnis online yang menawarkan harga lebih rendah dibanding dengan toko offline. Alasannya, sekarang banyak orang yang mengetahui bila barang yang dijual melalui internet lebih murah karena tidak dikenai pajak pembangunan,
Nyaman. Belanja secara online menjadi begitu nyaman karena tidak harus memikirkan pakaian untuk pergi ke sebuah toko. Bukan hanya itu, bila jam kerja begitu sibuk, belanja secara online sangat memungkinkan untuk membeli barang dalam jumlah yang banyak tanpa perlu menyita waktu,
Variasi barang yang banyak. sebagian toko hanya mempunyai produk yang relatif terbatas. Contohnya, mungkin ada beberapa produk yang tersedia di toko tertentu, belanja online sangat memungkinkan untuk menemukan banyak produk di toko atau marketplace.

Share on Google Plus

About Syarifah Aqila An-Najah

0 komentar:

Posting Komentar